Headlines News :
Home » , » Musrenbang Kabupaten Sumenep Sesuaikan Keinginan Masyarakat

Musrenbang Kabupaten Sumenep Sesuaikan Keinginan Masyarakat

Written By fajarmduro on Wednesday, March 27, 2013 | 09:08

Dalam paradigma pembangunan tidak lagi menempatkan Pemerintah sebagai pelaksana, namun sebagai fasilitator serta katalisator dalam dinamika pembangunan. Sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dengan memberikan masukan untuk pengambilan putusan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Sumenep, Ir. H. Soengkono Sidik, S.Sos, M.Si pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumenep tahun 2013 di Pendopo Agung, Selasa (26/03). 

Menurutnya, sesuai keinginan masyarakat untuk lebih berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri, khususnya dalam mencapai target Millenium Development Goals (MDGS) sampai tahun 2015.

“Sehingga dengan peran serta masyarakat dapat memberikan keyakinan dan pengakuan jika hal itu merupakan pilihan rakyat dalam proses pembangunan perekonomian dan hidup lestari.” ujarnya.

Meskipun sesuai Undang-Undang memang harus mengakomodir usulan dan harapan masyarakat sesuai dengan skala prioritas, namun perlu pula menyelaraskan dengan Visi dan Misi Bupati khususnya untuk program tahun 2013-2015 mendatang. Yang tahun ini lebih menfokuskan pada pembangunan infrastruktur. Yakni, untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta memiliki daya saing daerah.

Sehingga pembangunan berhasil tidak hanya dari perubahan aspek, namun bisa berkembang sesuai potensinya. Dan Pemerintah tidak hanya memikul bebannya sendiri namun sinergi dengan pihak swasta dan lainnya. Disamping itu juga untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sumenep.

"Sebab indikator kemajuan bisa ditinjau dari 3 aspek, yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi.”tambahnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep, Drs. M. Idris, MM menjelaskan, kegiatan Musrenbang Kabupaten Sumenep 2013 dilaksanakan selama 2 hari, sejak tanggal 26 hingga 27 Maret. 

Menurutnya, Musrenbang Kabupaten merupakan langkah strategis dalam mendapatkan masukan penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang memuat rancangan Pembangunan Daerah satu tahun kedepan.

“Musrenbang sekaligus sebagai upaya untuk mensinerjikan dengan program lainnya, baik Pemerintah Pusat, Propinsi dan Pemerintah Daerah.”ujarnya.

Ditambahkan, melalui Musrenbang Kabupaten, agar mendapatkan masukan untuk menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang memuat prioritas Pembangunan Daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, termasuk rancangan alokasi dana Desa serta informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Propinsi, APBN dan sumber lainnya. (Ren, Esha)

Sumber : sumenep.go.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
| Fastpay Bersama Copyright © 2012. Wong Pademawu - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger