Headlines News :
Home » , » Budaya Asli Madura Harus Dipertahankan

Budaya Asli Madura Harus Dipertahankan

Written By fajarmduro on Wednesday, March 27, 2013 | 09:10

Orang asli Madura harus mengenal budaya Madura yang masih hidup bahkan yang akan dan telah punah. Pengenalalan terhadap berbagai macam kebudayaan Madura tersebut akan mampu menggugah rasa kebangsaan kita akan kesenian daerah.

Madura dikenal sebagai wilayah yang tandus namun kaya akan kebudayaan. Kekayaan budaya yang terdapat di Madura dibangun dari berbagai unsur budaya baik dari pengaruh animisme, hinduisme dan Islam.

Hal tersebut disampaikan Tajul Arifin, selaku Budayawan Sumenep menambahkan, dalam perkembangannya berbagai kesenian yang bernafaskan religius, terutama bernuansa islami ternyata lebih menonjol.

Namun sangatlah disayangkan, kekaguman yang pernah dibangun oleh para dalang dimasa lalu, saat ini mulai pudar karena tidak adanya peminat, kesenian ini mulai berkurang terutama di masyarakat perkotaan, karena dianggap ketinggalan jaman.

Selanjutnya Tajul menegaska, saat ini pementasannya hanya dilakukan di daerah pinggirang yang masih peduli dan mencintai kesenian tersebut.

Nilai-nilai adiluhuryang berlandaskan nilai keagamaan seharusnya diperkenalkan kembali kepada generasi penerus sebagai pemilik dan pewaris budaya.

Maka dengan demikian pihak Pemerintah daerah, masyarakat dan khususnya generasi muda serta pelajarsaat ini harus menjadi tonggak sebagai pelestari budaya daerah Madura, agar budaya yang telah ada tidah punah.

Sumber : sumenep.go.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
| Fastpay Bersama Copyright © 2012. Wong Pademawu - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger