Headlines News :
Home » , » Pamekasan Siap Terapkan Wajib Belajar 12 Tahun

Pamekasan Siap Terapkan Wajib Belajar 12 Tahun

Written By fajarmduro on Wednesday, February 20, 2013 | 14:51

Wajib Belajar 12 Tahun
PAMEKASAN - Tahun ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan memulai program wajib belajar 12 tahun. Program ini dalam rangka memenuhi target tahun 2020 semua warga Indonesia berpendidikan minimal setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Program ini disambut baik Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan. Pasalnya, berdasarkan analisa lulusan siswa yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, di Kabupaten Pamekasan sudah memenuhi target wajib belajar 12 tahun.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Muhammad Tarsun menjelaskan, tahun ajaran baru 2012 kemarin, semua siswa lulusan SMP dan MTs sebanyak 13 ribu siswa lebih. Mereka semuanya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan tertampung di sekolah negeri ataupun swasta.

“tidak ada siswa lulusan SMP dan MTs yang tidak tertampung untuk melanjutkan sekolah. Bahkan di pelosok desa berdasarkan data kami, tidak ada yang tidak melanjutkan,” terangnya, Senin (18/02).

Tingginya minat siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena Pemkab Pamekasan membebaskan segala macam biaya yang harus ditanggung oleh siswa baru. Biaya yang dimaksudkan di antaranya pendaftaran siswa baru, biaya registrasi, dan biaya pembangunan gedung sekolah.

“sejak tahun kemarin anggaran untuk membebaskan segala macam biaya untuk siswa baru ataupun kenaikan kelas sudah dimulai dilakukan. Hasilnya memang mengejutkan karena semua siswa lulusan SMP dan MTs terdorong untuk melanjtkan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Karena tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, maka Disdik Pamekasan akan mengajukan kembali anggaran untuk subsidi penerimaan siswa baru dan kenaikan kelas. Sehingga pada tahun ini lebih meningkat lagi kemauan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“mudah-mudahan nanti pada perubahan anggaran tahun 2013, kembali ada dukungan dari pihak legislatif,” terangnya.

Sementara itu, Muhamamd Makmun, ketua Komisi D DPRD Pamekasan mengaku siap untuk mendukung program subsidi pendidikan untuk pembebasan biaya bagi siswa baru dan kenaikan kelas. “kalau memang perkembangannya bagus, kita akan  upayakan untuk dianggarkan kembali di APBD,” ungkapnya. 

Bupati Pamekasan, Kholilurrahman mengaku, setelah subsidi untuk siswa baru dan kenaikan kelas diberikan, Pemkab punya harapan agar subsidi yang lain juga bisa diberikan kepada tiap-tiap siswa. “kita punya rencana agar sepatu, seragam dan kebutuhan sekolah lainnya untuk disubsidi juga oleh pemerintah,” kilahnya. Rencana itu kata Kholil, mudah-mudahan bisa direalisasikan oleh Bupati selanjutnya. (opick)

Sumber : pamekasan.go.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
| Fastpay Bersama Copyright © 2012. Wong Pademawu - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger