Headlines News :
Home » , » Dinas Pendidikan Masih Menunggu Juknis Kurikulum Baru

Dinas Pendidikan Masih Menunggu Juknis Kurikulum Baru

Written By fajarmduro on Sunday, January 27, 2013 | 22:45

PAMEKASAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Pamekasan, Madura, belum mengambil langkah-langkah terkait rencana pemberlakuan kurikulum baru 2013. Sebab sampai saat ini belum ada petunjuk tennis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Pamekasan, Mohammad Tarsun, menjelaskan, pihaknya sudah menerima informasi tentang rencana pemberlakuan kurikulum baru dari Kemendikbud, namun petunjuk teknis pelaksanaannya belum diterima, sehingga Dinas Pendidikan Pamekasan hingga kini belum melakukan kegiatan apapun terkait rencana itu.

“Kami belum mensosialisasikan kepada para kepala sekolah tentang kurikulum baru itu karena menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat,” katanya, Sabtu (26/1).

Dijelaskan, Kemendikbud masih akan melakukan pertemuan dengan perwakilan dinas pendidikan seluruh Indonesia, guna membahas teknis sosialisasi dan teknis pelaksanaan kurikulum baru itu.Direncanakan, setelah pertemuan yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada semua lembaga pendidikan di lingkup Disdik Pamekasan.

Sebelumnya,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyatakan akan mengubah kurikulum dengan menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis tes dan portofolio.

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk Sekolah Dasar, adalah bersifat tematik integratif. Dalam pendekatan ini mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial akan diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran.

“Ilmu Pengetahuan Sosial juga akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). SedangkanIPA akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika,” terang Tarsun. (uzi/muj)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
| Fastpay Bersama Copyright © 2012. Wong Pademawu - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger