Headlines News :
Home » , » Bupati Sumenep Raih Prestasi Nasional di Bidang Koperasi

Bupati Sumenep Raih Prestasi Nasional di Bidang Koperasi

Written By fajarmduro on Wednesday, December 19, 2012 | 10:22

Bupati Sumenep Raih Prestasi Nasional di Bidang KoperasiSUMENEP - Penghargaan nasional kembali diraih Kabupaten Sumenep. Kali ini Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menerima penghargaan Paramadhana Utama Nugraha Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan. Penghargaan di bidang koperasi tersebut diterima di Jakarta Senin (17/12). Dalam sambutannya, Syarif Hasan menyampaikan terima kasih kepada bupati/walikota atas dedikasi dan integritasnya dalam pengembangan  operasi.

Menurutnya keberadaan koperasi sangat penting untuk kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. ”Jika koperasi berkembang sehat dan mantap, maka masalah pengangguran akan dapat ditiadakan dan kemiskinan dapat dikurangi. Untuk itu, pembinaan dan pemberdayaan koperasi terus dilakukan pemerintah dan pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungannya,” katanya. Anugerah Paramadhana Utama Nugraha Koperasi merupakan kebanggaan bagi setiap daerah.

Jumlah penerimanya hanya 8 bupati/walikota se-Indonesia. Selain Sumenep, Probolinggo, Pacitan, Ngada, Kulonprogo, Temanggung serta walikota Semarang dan Bengkulu berhak atas prestasi tersebut. Sedangkan 13 bupati/walikota lainnya mendapatkan penghargaan untuk kategori penilaian tingkat madya. Keberhasilan pembangunan koperasi di Kabupaten Sumenep didukung komitmenbupati Sumenep, anggaran APBD  dan efektivitas rogram/kegiatannya.

Selama tahun 2010-2012, perhatian Pemkab Sumenep pada pengembangan koperasi memang sangat tinggi. Misi dan komitmen Bupati Sumenep, A. Busyro Karim sangat jelas, yaitu menggerakkan koperasi sebagai lembaga ekonomi kerakyatan. Untuk pembinaan dan pemberdayaannya, jumlah anggaran APBD semakin besar. Pada Tahun 2010, anggaran belanja bidang koperasi hanya 1,4 miliar. Tahun 2012 naik signifikan menjadi 4,1 miliar. Plt Kadis Koperasi dan UKM Sumenep, Mulki mengatakan pembinaan dan pemberdayaan koperasi merupakan prioritas kegiatan satuan kerjanya.

Menurutnya bupati Sumenep telah memerintahkan untuk membina dan memberdayakan koperasi. ”Jumlah koperasi yang sehat harus meningkat dan kualitas lembaganya makin bagus sehingga dapat berdaya saing, termasuk keberadaan Koperasi Wanita dan Kopontren,” katanya. Dijelaskan, realisasi kegiatannya adalah pembinaan manajerial, bantuan hibah dan sarana konsultasi. Selain itu mengajak pengelola koperasi belajar pada daerah lainnya dan membantu koperasi dalam kegiatan pameran produknya.
Selama ini, masyarakat telah menikmati manfaat dari keberadaan koperasi, terutama dalam memenuhi kebutuhan finansial, tanpa terjebak pada jasa rentenir. Koperasi sangat cocok bagi masyarakat, apalagi semangat kerjanya adalah gotong royong dan kebersamaan. Bupati Sumenep, A. Busyro Karim berjanji akan memprioritaskan pengembangan koperasi dengan berbagai cara yang profesional. Harapannya, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam membangun koperasi dan menjadi anggota koperasi.

Untuk pengembangannya, Pemkab Sumenep akan membantu pembinaan dan pemberdayaannya. Sehingga pengelola koperasi menjadi lebih profesional. ”Kelembagaan koperasi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, apalagi perannya sangat penting bagi usaha kecil dan menengah,” katanya. Selain itu, bupati Sumenep memerintahkan Plt Kadis Koperasi dan UKM Sumenep untuk memaksimalkan paguyuban atau forum koperasi.

Pertemuan untuk diaktifkan secara reguler sehingga memberikan akses komunikasi dan sharing pengalaman antarpengelola koperasi. Melalui institusi dan komunikasi berbagai pihak, pengelola koperasi dapat menerapkan resep sukses suatu koperasi dan berkembang sejajar dengan koperasi lainnya. Bahkan Bupati Sumenep juga meminta dinas koperasi dan UKM agar bekerja sama dengan Dinas Perindag Kabupaten Sumenep sehingga kegiatan aksinya sinergis untuk kemajuan koperasi dan dunia usaha.

Sumber : maduraterkini.info
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Download Makalah | Blog Falophi | Ikut Belajar Blog | Falophi.com | Wong Pakong Blog
| Fastpay Bersama Copyright © 2012. Wong Pademawu - All Rights Reserved
Template Modify by Wong Pademawu Blogs
Proudly powered by Blogger